Minggu, 04 Oktober 2015

Perbedaaan OS,RE, Emulator dan Firmware

Tags


Sistem Operasi


       Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.






Runtime Environment 



        Runtime Environment bisa di artikan Emulator/peralatan Terminal remote, Dalam keadaan ini, program ini dapat mengirim instruksi untuk prosesor komputer dan mengakses memori komputer (RAM) dan sumber daya sistem lainnya. RTE juga biasa di pakai programmer untuk menguji  program ketika sedang berjalan, di mana programmer dapat melacak petunjuk sedang diproses oleh program dan melakukkan debug kesalahan yang mungkin timbul.



Emulator 



       Emulator bisa dikatakan sebagai program atau software yang bisa menjalankan sistem operasi. Misalnya pada sistem operasi Windows dengan menggunakan program atau software emulator tertentu dapat menjalankan sistem operasi lain seperti Android yang dapat dijalankan di sistem operasi Windows dengan menggunakan program Emulator.



Firmware




         Firmware adalah perangkat lunak atau bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam pada unit perangkat keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan komponen-komponen komputer. Tidak ada batasan yang jelas yang dapat memisahkan antara firmware dan software, hal ini dikarenakan keduanya merupakan istilah deskriptif yang cukup luas. Namun meskipun begitu, firmware pada awalnya diciptakan sebagai perangkat lunak dengan tingkat yang lebih tinggi, firmware yang tetanam pada sebuah perangkat keras dapat diubah tanpa harus mengganti komponen dari perangkat keras itu sendiri.


Kesimpulan
        Sudah jelas dari penjelasan diatas bahwa SO, RE dan Emulator memiliki kesamaan yaitu sama-sama program komputer untuk mengenalkan sesuatu tetapi RE dan Emulator bukanlah bagian dari SO melainkan program yang dijalankan pada SO.Lalu bagaimanakah dengan Firmware?. Firmware adalah perangkat lunak atau bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam pada unit perangkat keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan komponen-komponen pada komputer. Tidak ada batasan yang jelas yang dapat memisahkan antara firmware dan software, hal ini dikarenakan keduanya merupakan istilah deskriptif yang cukup luas. 
 


EmoticonEmoticon