Minggu, 04 Oktober 2015

Perkembangan Sistem Operasi Android Dari Masa ke Masa

Tags



Perkembangan Sistem Operasi Android
Mobile phone pertama yang menggunakan sistem operasi Android versi pertama adalah  HTC, dan sekarang sudah banyak mobile yang menggunakan Android. Berikut perkembangan versi operasi sistem Android. 


1.      Android 1.0 beta
Android Beta pertama kali dirilis tanggal 5 November 2007 dan versi SDK (Software Development Kit) beta dirilis pada tanggal 12 November 2007 oleh Google.

2.      Android 1.0
Android 1.0 merupakan versi software Android  komersial yang dirilis pada tanggal 23 September 2008. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama “Astro”, tetapi  karena alasan hak cipta dan trademark, nama”Astro” tidak jadi disematkan pada versi dari OS Android ini. 

3.      Android 1.1
Pada 9 Maret 2009, versi Android 1.1 diluncurkan. Versi Android ini juga mengalami masalah penamaan yang sama dengan versi sebelumnya. Pada awalnya Android ini akan diberi nama “Bender” akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama “Bender” tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Android versi ini dilengkapi dengan tampilan baru pada aplikasi, GUI (Graphical User Interface), jam alarm, voice search (pencairan suara) yang memungkinkan pencarian sesuatu menggunakan suara manusia, pengiriman e-mail menggunakan Google Mail dan push e-mail atau pemberitahuan e-mail yang masuk ke alamat e-mail yang kita miliki.

4.      Android 1.5 (CupCake)
Versi Android pertama yang mempunyai nama , yaitu Android 1.5 atau CUPCAKE. Mulai versi Android ini penamaan menggunakan nama makan pencuci mulut (dessert) mulai digunakan.Versi ini dirilis pada pertengahan Mei 2009. Android CupCake diluncurkan bengan Android dan SDK (Software Development Kit) sehingga memudahkan antar PC dan telepon seluler. Versi ini berbasis Linux Kernel 2.6.27. Pembaruan pada versi ini berupa sejumlah fitur baru dan perubahan interface

5.      Android 1.6 (Donut)
Pada tanggal 15 September 2009, SDK Android 1.6 yang diberi nama Donut dirilis. Android  tipe ini berbasis Linux Kernel 2.6.29. Menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator yang bisa lebih memudahkan pembacaan status baterai kita, sehingga kita bisa mengetahui apabila baterai sudah mendekati habis, maka kita pun siap untuk men-charging telepon, dan kontrol applet VPN sudah bisa digunakan dalam Android versi ini.

6.      Android 2.0/2.1 (Eclair)
Pada Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair).  Eclair adalah kue sus yang berbentuk panjang dengan toping coklat diatasnya. Pada saat itu Motorolla Droid  merupakan perangkat yang menggunakan Eclair. Perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser  baru dan dengan dukungan HTML 5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital zoom, dan bluetooth 2.1.

7.      Android 2.2 (Froyo : Frozen Yoghurt)
Android  versi 2.2 yang berbasis Linux kernel 2.6.32, diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2010. Sistem operasi Android versi 2.2 ini diberi nama Froyo. Froyo (Frozen yoghurt) adalah yoghurt (susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri) yang dibekukan mirip seperti ice cream. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat dari versi sebelumnya.

8.      Android 2.3 (Ginger Bread)
Pada tanggal 6 Desember 2010 , Android 2.3 (Ginger Bread) diluncurkan. Gingerbread adalah kue yang terbuat dari jahe, biasanya berbentuk boneka sering disajikan sebangai teman minum kopi. Versi ini berbasis Linux kernel 2.6.35.

9.      Android 3.0 (Honeycomb)
Pada tanggal 22 Febuari 2011, Android 3.0 (Honeycomb) yang merupakan versi android pertama yang diperuntukkan untuk perangkat tablet diluncurkan, android ini berbasis Linux kernel 2.6.36. Honeycomb juga mendukung multi processor  dan juga meningkatkan kinerja hardware serta akselerasi hardware untuk grafis.
.
10.  Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich dirilis untuk publik pada 19 Oktober 2011 dan berbasis Linux kernel 3.0.1. Gabe Cohen dari Google  menegaskan bahwa android 4.0  secara teoritis cocok dengan perangkat Android 2.3 keatas dalam produksi masa itu.

11.  Android 4.1 (Jelly Bean)
Android ini diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard , desain baru fiitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui voice search yang lebih tepat.

12.  Android 4.4 (KitKat)
Pada 31 Oktober 2013 lalu diperkenalkan Android versi 4.4 dengan KitKat sebagai penamaannya. Pembaharuan yang dapat dilihat pada Android versi ini, antara lain antarmuka atau interface yang lebih canggih.

13.  Android 5.0 (Lollipop)
Sistem operasi Android mengalami peningkatan versi yakni Android versi 5.0 yang merupakan penerus dari versi sebelumnya yakni Android versi 4.4 KitKat.

14.  Android 6.0 (Marshmallow)
OS Android v6.0 atau Marshmallow memiliki beberapa fitur diantaranya adalah fitur pendeteksi sidik jari, fitur doze dan banyak fitur lain lagi. Fitur doze pada Android Marshmallow nantinya berfungsi untuk mengurangi aktifitas aplikasi yang berjalan di latar belakang layar smartphone

 
          Kesimpulan perkembangan sistem operasi Android inidari awal dibuat masih terdapat banyak kekurangan, tetapi sistem operasi ini selalu mengalami perkembangan secara bertahap. Sehingga kekurangan-kekurangannya telah diperbaiki dan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin meningkat.











EmoticonEmoticon